Pemetaan Konflik Menjelang Pemilu Serentak 2024 Di Lombok Timur

Foto bersama peserta diskusi

Lombok Timur, terashukum.com - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dalam rangka memastikan keamanan pada  pemilu serentak mendatang yang dihadiri oleh perwakilan dari mabes polri. Mengadakan penelitian, pengkajian dan pemetaan konflik sosial di masyarakat, untuk menjaga kemungkinan terjadinya kanalisasi konflik di masyarakat menjelang pemilu serentak 2024. (17/03/2022) 


Hadir juga ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur. Dalam kesempatan itu Murnan sapaannya myampaikan ada beberapa pemilu yang harus di perhatikan dalam waktu dekat ini di Kabupaten Lombok Timur yaitu pilkades mendatang ini di tahun 2023. Karena tidak bisa dipungkiri sering sekali terjadi perjudian pada saat pilkades. Bahkan bukah hanya di pilkades tetapi juga dsemua momentum pemihan maka harus ada pencegahan dini. 


"selain mendeteksi dini kita juga harus mencegah dini potensi konflik yang ada di masyarakat Lombok Timur" tegasnya 


Secara organisasi juga sering terjadi konflik internal dalam partai politik yang dapat memicu konflik ditengah masyarakat. 


"secara politik juga saya sampaikan sering sekali terjadi konflik di internal partai, untuk itu mari kita sama-sama saling bertoleransi" ujarnya. 


Dalam kespatan yang sama kepala Bakesbangpodagri Lombok Timur Muhammad Isa menyampaikan bahwa keberadaannya secara Kelembagaan sejalan dnegan pemerintah dalam hal ini pemkab dalam rangka membantu pemerintah menyelesaikan konflik-konflik yang terjadi di Lombok Timur dengan cara melakukan pendekatan terhadap semua kalangan kelompok-kelompok yang berseberangan. Ia juga berharap kita berjalan sesuai regulasi. 


"Lebih baik saya diam daripada memicu konflik" tegasnya


Untuk itu Muhammad Isa menghimbau supaya para tokoh agama dan tokoh masyarakat menyampaikan apa adanya untuk menenangkan masyarakat yang berkonflik. 


Dikalangan akademisi hadir Suriadi menyampaikan pendapat terkait dengan pemetaan konflik di Lombok Timur, Dimana Lombok Timur berada dalam titik rawan nasional konflik mengingat Lombok Timur dengan jumlah penduduk terbanyak dan kecamatan terbanyak maka oleh itu perlu pendeteksian dini dan pencegahan dini untuk mengurangi konflik. 


Menurutnya fanatisme dukungan juga sangat besar pengaruhnya terhadap simpatisan seorang publik figur atau tokoh tertentu sehingga apapun yg disampaikan oleh seorang tokoh dapat dijalankan dan pasti dilakukan oleh pendukungnya. 


"perlu dilakukan pemetaan aktor" ungkap Suriadi 


Ia juga menyarankan supaya penyelenggara pemilu juga menjaga Netralitas supaya kepercayaan masyarakat menguat, hingga tidak terjadi konflik akibat dari minimnya kepercayaan terhadap penyelenggara pemilu. 


"jangan sampai karena koordinasi yg cukup intesip dengan pemerintah menyebabkan Netralitas penyelenggara pemilu diragukan" tegas Suriadi (gia/TH)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama