Respon Cepat TRC BPBD Lotim Dalam Menangani Bencana


Lombok Timur, NTB. TERASHUKUM - Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim menangani dua bencana sekaligus dalam satu hari. 


Sebagaimana dijelaskan Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan, Iwan Setiawan, dua bencana yang ditangani itu ialah bencana angin Puting Beliung yang terjadi di Dua Desa di Kecamatan Suela, yakni Desa Suntalangu dan Desa Selaparang. 


Bencana kedua yang ditangani pada hari ini, Senin,  1 Maret 2021 ialah bencana banjir  yang terjadi di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya.


"Pertama, sekitar pukul 14:30 Wita, tim bergerak ke Dusun Batu Basong Desa Suntalangu Kecamatan Suela untuk evakuasi  korban bencana angin Puting Beliung, 

Lemudian pada pukul 16.30 tim TRC-PB BPBD Lombok Timur menerima informasi bahwa telah terjadi banjir luapan di Desa Gunung Malang Kecamatan Pringgabaya," paparnya. Senin, 01/03/2021.


Kata Iwan, kendati  tak ada korban jiwa dari dua bencana tersebut, namun sekitar 50 atap rumah warga Desa Suntalangu mengalami rusak sedang. 


Selain itu, lanjutnya, ada satu orang, warga setempat juga mengalami luka ringan di bagian pelipis mata karena  terkena runtuhan genteng saat disapu angin. 


"Upaya yang kita lakukan saat mendapat informasi ialah mengecek lokasi dan asesment, Pemberian pertolongan pertama pada korban luka dan Berkoordinasi dengan pihak desa dan kecamatan," jelasnya sembari menambahkan bahwa kebutuhan yang diperlukan korban bencana itu, terutama korban angin puting beliung ialah perbaikan atap rumah. 


Iwan menambahkan, bahwa diperkirakan cuaca ekstrem disertai hujan dan angin kencang dengan intensitas tinggi masih akan berlangasung dalam beberapa hari ke depan.


Karena itulah, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang dapat ditimbulkan. 


"Ya seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung serta dampak lainnya   berupa sambaran petir dan pohon tumbang," tutupnya. (yunus)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama