PT. Selaparang Finansial Setorkan Deviden 3,3 Milyar Pada RUPS Tahun Ini


Lombok Timur, NTB. TERASHUKUM - Salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Lombok Timur, yaitu PT. Selaparang Finansial menjadi perusahaan daerah pertama yang melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di tahun 2021 ini.

Dari beberapa poin yang disampaikan dalam RUPS yang berlangsung di ruang rapat Bupati Lombok Timur itu, salah satunya ialah pemberian setoran deviden PT. Selaparang Finansial kepada Pemerintah Daerah Lotim.

"Deviden yang diterima Pemda Lotim dari PT. Selaparang Finansial sebesar 3,3 Milyar, untuk tahun buku 2020," sebut H. M. Safwan, Kepala Bagian Ekonomi Kabupaten Lotim.

Adapun kata Safwan, target deviden tahun buku 2020 yang diusulkan oleh Pemda Lotim kepada PT. Selaparang Finansial, yaitu sebesar 3,2 Milyar.

Faktanya, laba bersih PT. Selaparang Finansial sebesar 4,6 Milyar. Sedangkan pemberian devidennya untuk tahun buku 2020 berjumlah 3,3 Milyar atau sebesar 109,97% dari target.

Kendati pada tahun sebelumnya, dikatakan oleh Safwan PT. Selaparang Finansial memberikan deviden lebih besar ketimbang tahun ini. Namun dalam hal pemenuhan target, menurutnya patut diapresiasi karena sudah melebihi.

"Kalau tahun kemarin deviden dari SF itu 5,5 Milyar, ada penurunan tahun ini karena Covid-19," jelasnya.

Pada dasarnya, jika melihat aturan dasar maka menurutnya, perusahaan secara ideal harus melakukan RUPS terhitung sejak 90 hari setelah melaksanakan tutup buku.

"Kami juga sudah bersurat kepada masing-masing BUMD agar segera menjadwalkan RUPSnya," tutur Kabag.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Selaparang Finansial Iva Nuril Solihani menyampaikan, ketika RUPS kali ini selain memberikan setoran laba kepada Pemda Lotim. Pihaknya juga menjabarkan kendala yang dialami tahun kemarin.

"Pandemi Covid-19 sangat berdampak signifikan terhadap usaha kami," ujarnya.

Meskipun terdampak Covid-19, namun menurutnya PT. Selaparang Finansial sampai dengan saat ini konsisten berkontsribusi positif bagi daerah. Hal itu dibuktikan dengan setoran laba sebesar 4,6 Milyar tersebut.

"Kami juga bisa memberikan deviden meskipun dengan tahun lalu agak turun, jadi deviden yang kami setorkan ke Pemda sebesar 3,3 Milyar," jelasnya. (iga)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama