Guru SMKN 1 Pringgabaya Ikuti Workshop dan Sosialisasi Budaya Kerja SMK


Lombok Timur, NTB. TERASHUKUM - Puluhan Guru yang ada  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur mengikuti workshop dan sosialisai budaya kerja SMK bersama pihak Center of Excellent (CoE).


Kagiatan tersebut yang dilaksanakan pada Senin, 28 Desember 2020 itu dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting.


Dalam kesempatan tersebut,  ketua pelaksana Center of Execellent (CoE), Muhammad Faisatullah, S.T. menjelaskan bahwa  workshop yang digelar hari itu merupakan kegiatan workshop yang keempat yang merupakan rangkaian dari kegiatan CoE yang sedang diikuti oleh SMKN 1 Pringgabaya.


Dia juga memaparkan bahwa CoE yang diikuti oleh SMKN 1 Pringgabaya itu melewati beberapa tahapan yang cukup panjang, di mana workshop dan sosialisasi itu adalah tahapan kedua setelah melakukan MoU.


Nantinya, kata Faistaullah, setelah tahapan workshop itu selesai akan dilanjutkan dengan penambahan peralatan pendukung pembelajaran, terutama bagi jurusan Teknik, Energy, Surya, Hidro dan Angin (TESHA).


Kendati demikian,  lanjutnya, program CoE itu bukan hanya untuk siswa-siswi yang di Jurusan Tekhnik Energy Surya Hidro Dan Angin (TESHA) saja, melainkan akan menjadi pembuka untuk jurusan lain


"CoE ini bukan hanya untuk jurusan tesaha saja, kalau terjadi ini nanti kan pincang dia masak jurusan TESHA saja yang sibuk sementara jurusan lain tidak" ungkapnya, pada Senin 28 Desember 2020.


Dia menegaskan bahwa CoE yang masih fokus di Jurusan TESHA itu hanya sebagai  percontohan (pilot project) saja yang tidak menutup kemungkinan ke depanya kita akan ada lagi perusahaan yang mau kerja sama, salah satunya yang disebut Faisatullah adalah samsung. 


“Kalau workshop yang hari ini, yang merupakan workshop terakhir ini membahas tentang budaya kerja,”jelasnya.


Menurutnya, budaya kerja itu merupakan poin yang cukup menentukan dalam dunia industri, setelah pengetahan dan keterampilan.


“Di dalam industri itu kan ada 3 poin yang harus diperhatikan, yang pertama Pengetahuan, kedua keterampilanya dan selanjutnya yang terpenting adalah sikap atau attitudenya," sebut Faisatullah sambil mengatakan bahwa tidak ada artinya keterampilan yang bagus jika sikap kurang baik. Sehingga, kata dia, ketiga poin itu harus berjalan beriringan.


Dalam hemat Faisatullah, program CoE yang sedang dijalankan oleh SMKN 1 Pringgabaya itu merupakan program yang sangat membantu sekali,  mulai dari segi infrastuktur maupun dari segi proses pembelajarannya. 


"Jelas sangat membantu sekali, yang pertama dari segi infrastrukturnya, terus dari segi proses pembelajarnya, kita diajarin bagaimana budaya kerja di dalam industri sehingga hasil ini akan kita terpakan ke anak-anak,"tutupnya. (izi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama